Alami Gejala Covid-19 Ringan? Ini Himbauan Ketua DPRD Kabupaten Malang




Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi. FOTO: Imron Haqiqi.

SURABAYAINSIDE.COM – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang, Darmadi memberi himbauan bagi masyarakat yang mempunyai gejala batuk ringan, demam, dan flu agar tidak ragu periksa ke puskesmas setempat.

Tujuannya, apabila pihaknya terpapar Covid-19 segera tertangani sedini mungkin. Terlebih saat ini Pemerintah Kabupaten Malang menyediakan tempat isolasi terpusat (isoter) yang berbasis di setiap kecamatan.

“Jadi apabila seseorang terdeteksi terpapar Covid-19, bisa tertangani dengan baik di isoter tersebut,” ungkap Darmadi saat ditemui Kantor DPRD Kabupaten Malang, Rabu (18/8/2021).

- Advertisement tr -

Himbauan ini penting disampaikan. Sebab selama ini masih banyak masyarakat yang enggan periksa ke dokter saat mengalami gejala batuk, flu, dan demam dengan alasan khawatir di-Covid-19-kan.

“Padahal, tidak benar adanya rumah sakit atau puskesmas yang meng-Covid-19-kan masyarakat. Justru dengan periksa sejak dini maka indikasi terpapar Covid-19 bisa terdeteksi dengan periksa ke dokter,” katanya.

Selain itu, pemeriksaan dini Covid-19 juga sebagai upaya mengurangi jumlah resiko kematian masyarakat akibat Covid-19 sekaligus jumlah resiko pengobatan di ruang ICU rumah sakit rujukan.

“Kami menduga penuhnya ruang ICU rumah sakit rujukan Covid-19 selama ini akibat masyarakat tidak memeriksakan keluhannya sejak dini. Kemudian ketika sudah parah baru merujuk ke rumah sakit. Ya akhirnya ruang ICU jadi penuh,” tuturnya.




TERKINI

PILIHAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here