Daftar 6 Jurusan yang Dicari Kemenkeu pada Seleksi PNS, Apa Saja?

oleh

SURABAYAINSIDE.com – Jika Anda berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Keuangan (Kemenkeu RI), daftar asal jurusan yang dicari di Kemenkeu mungkin bisa jadi referensi untuk rekrutmen CPNS mendatang.


Pada 2022 dan 2021, Kemenkeu hanya membuka rekrutmen khusus untuk lulusan Politeknik Keuangan Negara-Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN).

Pada 2019-2020, CPNS Kemenkeu terbuka untuk 180 formasi umum, 12 formasi cum laude, 5 formasi disabilitas, dan 5 formasi putra-putri Papua.

Berdasarkan pengumuman rekrutmen CPNS Kemenkeu RI 2019, asal jurusan yang dicari Kemenkeu dalam rekrutmen CPNS adalah;

1. Teknik Informatika & Informatika

Formasi Pengelola Teknologi Informasi di CPNS Kemenkeu 2019 mencari lulusan dari 8 jurusan yaitu D3 Teknik Informatika, Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Manajemen Informatika dan Teknik Komputer, D3 Manajemen Informatika, dan Teknik Komputer, dengan jumlah keseluruhan 52 orang.

CPNS yang sudah terpilih dari formasi ini akan ditempatkan di Badan Pelatihan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), Direktorat Jenderal Anggaran (DJA), Direktorat Jenderal Pajak (DJP), dan Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenkeu.

2. Ilmu Komputer & Teknik Komputer

Dari formasi Pengelola Teknologi Informasi, lulusan Teknik Komputer, Ilmu Komputer, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, serta Manajemen Informatika dan Teknik Komputer yang memiliki program studi D3 juga dicari.

3. Sistem Informasi

Formasi Pengelola Teknologi Informasi mencari 14 orang lulusan D3 Sistem Informasi, sementara Formasi Analis Sistem Informasi membutuhkan 14 orang lulusan S1 Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer, Informatika, Sistem dan Teknologi Informasi, Teknologi Informasi dan Sistem Komputer.

Formasi 2019 di atas ditempatkan di Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Direktorat Jenderal Anggaran (DJA), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) dan Setjen.

4. Hukum

Kementerian Keuangan mencari 43 lulusan S1 Hukum atau S1 Ilmu Hukum untuk menjadi CPNS pada Formasi Analis Hukum di CPNS Kemenkeu 2019.

Para lulusan Hukum dan Ilmu Hukum yang lolos akan ditempatkan di Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Direktorat Jenderal Anggaran (DJA), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Direktorat Jenderal Perbendaharaan RI (DJPBN), DJPPR, Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), dan Setjen.

5. Ekonomi

Formasi Analis Keuangan di CPNS Kemenkeu 2019 mencari lulusan S1 dari berbagai jurusan, seperti Ekonomi, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Ekonomi Pembangunan, dan Ilmu Ekonomi Pembangunan.

Sementara itu, lulusan S2 yang berkaitan dengan ekonomi juga dicari di formasi Analis Kebijakan – Ahli Pertama CPNS Kemenkeu 2019 dengan kuota 3 orang. Jurusan yang dicari adalah S2 Ekonomi, S2 Ilmu Ekonomi, dan S2 Ekonomika Pembangunan.

6. DKV, Desain Grafis, dan Teknik Grafika

Untuk Formasi Pengelola Teknologi CPNS Kemenkeu 2029, 10 orang yang berasal dari jurusan D3 Desain Komunikasi Visual, Teknik Grafika, Desain Grafis, atau Komunikasi Visual dibutuhkan untuk ditempatkan di Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) dan Setjen Kemenkeu.

Sementara itu, pada penyelenggaraan CPNS 2019, hanya diperlukan 3 orang lulusan Akuntansi untuk formasi umum Analis Keuangan.