Daftar Planet di Sistem Tata Surya Klasifikasi dan Urutannya

oleh

SURABAYAINSIDE.com – Planet-planet yang beredar mengelilingi Matahari dari orbitnya masing-masing dapat diurutkan berdasarkan jarak terdekat mereka dari Matahari, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.


Klasifikasi Planet di Tata Surya

Klasifikasi Planet di Tata Surya Berdasarkan Masanya

Berdasarkan massanya yang terbagi menjadi dua, yaitu

  • Planet bermassa besar (superior planet) seperti Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus
  • Terdapat juga planet dalam klasifikasi bermassa kecil atau Inferior planet, yang terdiri dari planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Klasifikasi Berdasarkan jaraknya ke Matahari

Terdapat juga klasifikasi planet berdasarkan jarak ke Matahari, yaitu

  • Planet dalam (interior planet) – Klasifikasi planet ini adalah mereka yang memiliki jarak rata-rata lebih dekat ke matahari dari pada Bumi dengan lintasan berada di lintasan bumi dan Matahari. Daftar planet ini termasuk Merkurius dan Venus.
  • planet luar (eksterior planet) – klasifikasi planet ini adalah mereka yang berada dengan jarak rata-rata lebih jauh dari Bumi ke Matahari dengan lintasan di luar lintasan Bumi dan Matahari. Daftar planet di klasifikasi ini termasuk Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Daftar Planet di Tata Surya

1. Merkurius – Merkurius adalah planet terdekat dari Matahari dan merupakan planet terkecil di Tata Surya. Jika dilihat dari Bumi, Merkurius tampak sebagai bintang kecil yang bergerak melintasi langit.

2. Venus – Venus adalah planet kedua dari Matahari dan juga disebut sebagai planet “suster”. Venus memiliki atmosfer yang sangat tebal yang terdiri dari karbondioksida, nitrogen, dan sulfur dioksida.

3. Bumi – Bumi adalah planet ketiga dari Matahari dan satu-satunya planet di Tata Surya yang diketahui memiliki kehidupan. Atmosfer Bumi penuh dengan nitrogen dan oksigen yang memungkinkan kehidupan tumbuh dan berkembang.

4. Mars – Mars adalah planet keempat dari Matahari dan merupakan planet yang paling diketahui di Tata Surya. Mars memiliki atmosfer yang sangat tipis yang terutama terdiri dari karbon dioksida.

5. Yupiter – Yupiter adalah planet kelima dari Matahari dan juga planet terbesar di Tata Surya. Yupiter memiliki banyak satelit dan memiliki atmosfer yang terdiri dari hidrogen dan helium.

6. Saturnus – Saturnus adalah planet keenam dari Matahari dan memiliki ratusan satelit di sekitarnya. Atmosfer Saturnus terdiri dari hidrogen, helium, dan metana yang dikelilingi oleh cincin bintang.

7. Uranus – Uranus adalah planet ketujuh dari Matahari dan merupakan planet terjauh yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Atmosfernya terdiri dari hidrogen, helium, dan metana.

8. Neptunus – Neptunus adalah planet kedelapan dari Matahari dan juga planet terdalam di Tata Surya. Atmosfer Neptunus terdiri dari hidrogen, helium, dan metana.