Lanjutan Gugatan Merek Dagang Gen Halilintar, Siapa yang Menang? Ini Hasilnya

oleh

SURABAYAINSIDE.com – Majelis Hakim PN Jakarta Pusat telah memutuskan gugatan keluarga Atta Halilintar atas merek dagang Gen Halilintar pada tanggal 5 Desember 2022.


Namun, sebelumnya, merek tersebut telah didaftarkan oleh PT Soka Cipta Niaga pada 23 Oktober 2017.

Keputusan majelis hakim ini memungkinkan kedua pihak, yaitu keluarga Halilintar dan PT Soka Cipta Niaga, untuk menggunakan nama Gen Halilintar.

1. Gugatan dikabulkan

Putusan terkait gugatan merek Gen Halilintar dituangkan dalam nomor 75/Pdt.Sus.Merek/2022/PN.Niaga.Jkt.Pst.Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Keluarga Halilintar telah berhasil memperoleh merek Gen Halilintar di Kelas 25 atau Kelas Tekstil untuk berbagai produk seperti pakaian, alas kaki, tutup kepala, dan lain-lain.

Mereka sedang menunggu penerbitan putusan inkrah dan sertifikat sebelum dapat memproduksi barang dengan merek Gen Halilintar.

2. Popularitas Jadi Pertimbangan

“Dalam pertimbangan majelis hakim, bahwa esensi pembeda yang dominan dalam suatu permohonan pendaftaran merek, dapat berupa gambar atau logo. Apabila suatu merek diambil dari nama orang yang dikenal (terkenal), keterkenalan itu memiliki ciri khas. Maka seharusnya permohonan pendaftaran merek tersebut diterima oleh Komisi Banding,” bunyi amar putusan majelis hakim.

Majelis hakim menekankan popularitas nama “Gen Halilintar” yang dimiliki oleh keluarga Halilintar Anofial Asmid sebagai pertimbangan utama dalam menerima gugatan ini.

Selama ini, keluarga Halilintar telah menyebarkan nama tersebut secara luas, tetapi PT Soka Cipta Niaga telah mendaftarkannya terlebih dahulu pada tahun 2017.

Kuasa hukum keluarga Halilintar, Suyud Margono, menyebutkan bahwa gugatan ini dilakukan untuk mencegah adanya kebingungan masyarakat terhadap merek Gen Halilintar.

“Pak Anofial sendiri ingin tetap ini diajukan terus agar tak membingungkan publik, relasi, kolega, dan fans. Ini menjaga nama baik mereka ya. Foto keluarga dan logo ini kesatuan foto yang esensinya dimiliki Gen Halilintar,” kata Suyud.

3. Dua merek Gen Halilintar di Pasar

Putusan PN Jakarta Pusat berarti ada dua merek Gen Halilintar di pasaran. Selain produk-produk yang diluncurkan oleh keluarga Atta Halilintar, produk-produk dengan nama Gen Halilintar juga diproduksi oleh PT Soka Cipta Niaga, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi kaus kaki.

“Setelah inkrah, akan ada dua nama Gen Halilintar di Kelas 25. Itu tidak masalah karena logo dan mereknya berbeda,” jelas Suyud Margono