Mengenal dan Mengetahui Apa Itu Fatamorgana, Berikut Penjelasannya Dalam Sains

oleh

SURABAYAINSIDE.com – Apa itu fatamorgana? Fatamorgana adalah sebuah pemandangan optik yang disebabkan oleh pemantulan cahaya di atmosfer. Umumnya, pemandangan optik ini berupa suatu bentuk yang tak masuk akal, seperti menara atau bentuk lainnya.


Fatamorgana biasanya terjadi di daerah-daerah gurun yang panas, di mana gas-gas di atmosfer bisa mengalami refleksi cahaya dari matahari. Contohnya, oasis yang terlihat di tengah gurun pasir bisa termasuk salah satu jenis fatamorgana.

Fatamorgana sebagai Fenomena Alam

Fatamorgana adalah bayangan adanya air yang terjadi saat cuaca panas. Bayangan tersebut akan menghilang saat pendekatan dibuat.

Fenomena alam ini bukan hanya ilusi semata, melainkan juga disebabkan oleh lapisan-lapisan udara yang diproduksi oleh udara panas. Cahaya biasanya bergerak lurus, namun karena lapisan-lapisan udara tersebut, cahaya berbelok dan menjadi cermin.

Jika lapisan udara bawah yang mengelilingi permukaan tanah panas, cahaya Matahari yang dipantulkan akan membuat fatamorgana terlihat dekat dengan permukaan tanah, seperti genangan air.

Tapi jika lapisan bawah tersebut dingin, cahaya akan dipantulkan ke arah yang lebih tinggi, menyebabkan fatamorgana terlihat melayang jauh di atas permukaan tanah.

Menurut Prof Dr Eri Barlian, MS dan Dr Yunhendri Danhas, SP, MSi dalam buku Konsep & Aplikasi Ekologi Manusia, fatamorgana didefinisikan sebagai suatu fenomena fisika di mana terjadi pantulan cahaya Matahari yang sempurna, sehingga menghasilkan warna yang bening yang menyerupai air.

Buku tersebut menjelaskan bagaimana manusia merespons terhadap fatamorgana. Orang yang memiliki persepsi bahwa ada genangan air saat fatamorgana berlangsung, sebenarnya sedang mengalami ilusi.

Namun, orang yang menyadari bahwa fatamorgana merupakan fenomena alam, mereka tidak akan bereaksi. Hal ini juga menjelaskan bahwa manusia adalah makhluk yang istimewa dalam menanggapi situasi dan melakukan tindakan di lingkungannya.