Prediksi Vietnam vs Indonesia Leg 2, Syarat dan Cara Timnas Indonesia Bisa Lolos Final

oleh

SURABAYAINSIDE.com – Prediksi Indonesia vs Vietnam pada leg 2 semifinal Piala AFF 2022. Menyambut laga leg 2 semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam dan Timnas Indonesia, prediksi bahwa laga tersebut berpotensi berlangsung sengit.


Sebagai tuan rumah, Vietnam memiliki keuntungan, namun syarat untuk lolos ke final bagi Skuad Garuda juga tidak terlalu berat.

Pertandingan di Stadion My Dinh, Hanoi, dapat disaksikan secara langsung live streaming melalui kanal RCTI atau streaming RCTI+ pada Senin (9/1/2023) pukul 19.30 WIB.

Hasil imbang 0-0 dalam laga leg 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Jumat (6/1/2023), menunjukkan kedua tim bermain sama kuat, membuat mereka harus berusaha keras untuk meraih kemenangan di leg 2 nanti.

Vietnam memiliki keunggulan menjelang laga kedua. Skuad Park Hang-seo bisa bermain bebas setelah pertemuan pertama yang cukup hati-hati.

Mereka akan mendapatkan dukungan dari pendukung setempat yang akan mendorong The Golden Star untuk bermain dengan baik dan bisa mencapai final.

Di sisi lain, Indonesia sedikit lebih diuntungkan karena hasil imbang tanpa gol di rumah sendiri. Skuad Shin Tae-yong punya peluang untuk mencetak gol tandang, yang merupakan salah satu kriteria yang harus dipenuhi untuk lolos ke babak knock-out Piala AFF 2023.

Lalu apa syarat Timnas Indonesia untuk lolos ke final Piala AFF 2022?

Syarat Lolos Final Vietnam vs Timnas Indonesia Leg 2 AFF 2022

Meskipun di beberapa kompetisi seperti Liga Champions Eropa telah menghapus regulasi Gol Tandang sejak tahun lalu, AFF masih tetap menerapkan aturan ini sebagai salah satu indikator untuk lolos.

Jika Indonesia berhasil mencetak setidaknya 1 gol di laga kedua, maka tiket final akan menjadi milik Skuad Garuda. Namun, jika laga berakhir dengan hasil seri tanpa gol, pembagian tiket final akan ditentukan melalui babak tambahan waktu 15 menit dan adu penalti.

Ini dia syarat lolos final dalam leg 2 semifinal. Aturan juga berlaku juga berlaku pada babak final 2 leg AFF 2022.

  • Apabila kedua tim yang terlibat dalam seri mencetak jumlah gol yang sama pada kedua leg, tim yang mencetak lebih banyak gol tandang akan lolos ke tahap selanjutnya.
  • Jika hasil ini tidak dicapai, maka akan dilaksanakan tambahan waktu selama 2×15 menit di akhir leg kedua.
  • Jika kedua tim masih imbang hingga akhir babak tambahan dengan jumlah gol yang sama, gol tandang akan dihitung sebagai ganda.
  • Jika tidak ada gol yang tercipta selama perpanjangan waktu, maka pemenangnya akan ditentukan dengan adu penalti menurut aturan FIFA.

Prediksi Vietnam vs Timnas Indonesia Semifinal Leg 2 AFF 2022

Di laga leg 2, Pak Hang-seo dan Shin Tae-yong akan kembali saling beradu taktik. Pertemuan pertama mereka keduanya cukup hati-hati, dengan Shin Tae-yong memasang formasi 3 bek tengah dan 2 fullback.

Skema ini sudah pernah dicoba sebelum AFF 2022, dan diterapkan lagi dalam laga semifinal leg 1 kemarin. Shin juga memasang duet Rachmat Irianto dan Marc Klok di lini pertahanan, serta Marselino, Yakob Sayuri, dan Dendy Sulistyawan di lini serang.

Strategi ini ternyata berhasil, karena Indonesia berhasil melesakkan 10 tembakan (2 on target) melalui permainan counter attack.

Meski hasilnya tak memuaskan, Shin Tae-yong tak menunjukkan raut kekecewaan. Menurutnya, Indonesia hanya sedikit kurang beruntung dalam memanfaatkan peluang-peluang yang ada.

Indonesia bermain dengan menahan serangan Vietnam selama hampir 90 menit, sesekali memanfaatkan kelengahan pemain Vietnam.

Tak berhenti sampai di situ, Shin Tae-yong meningkatkan intensitas serangan dengan memasukan Ricky Kambuaya, gelandang bertipikal lebih menyerang, menggantikan Rachmat Irianto.

Tak hanya itu, 3 pemain berposisi sebagai penyerang sayap dan tengah, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, dan Ilija Spasojevic dimasukan di late game, 3 menit jelang akhir pertandingan.

Tim lawan, Vietnam juga menggunakan strategi yang hampir sama, Park Hang-seo memasang 3 bek tengah sekaligus, Hung Dung Do, Que Ngoc Hai, dan Do Duy Man. Skema ini juga pernah dipasang di laga perdana.

Namun, strategi tersebut tak berjalan mulus saat melawan Indonesia.

“Permainan sudah cukup baik, sayang peluang yang ada tidak bisa dimanfaatkan. Kami akan persiapkan lagi untuk pertandingan selanjutnya,” ujar Shin Tae-yong seusai laga, Jumat (6/1/2023) dikutip dari Antara.

Gagalnya pemain Vietnam untuk menarik pemain Indonesia dari area pertahanan, terbukti hanya dengan 4 tembakan (1 on target) yang mampu dilesakkan The Golden Star.

Di seperempat akhir babak kedua, Gelandang Nguyen Tuan Anh dimasukkan untuk menggantikan Hung Dung Do untuk melakukan permainan yang lebih menyerang, namun tetap gagal memecah kebuntuan.

Pertahanan Vietnam cukup rapi dan mampu menjinakkan gawang Dung Van Lam. Di leg 2, kedua tim berpeluang tampil lebih terbuka, terutama buat Vietnam yang berpeluang tampil di kandang sendiri.

Park Hang-seo pun menunjukkan keyakinannya bahwa tim Vietnam lebih kuat dari Indonesia usai laga di SUGBK.

“Iya tentu, Indonesia adalah tim yang kuat, tapi saya kira tim kami (Vietnam) lebih kuat,” ujarnya.

Hasil imbang dengan gol di leg 2 bisa saja membuyarkan langkah Vietnam ke final, namun Park Hang-seo tetap percaya bahwa timnya lebih kuat.

Prediksi Susunan Pemain Vietnam vs Timnas Indonesia

Vietnam (5-4-1): Dang Van Lam; Doan Van Hau, Hung Dung Do, Que Ngoc Hai, Do Duy Manh, Van Thamh Vu; Ngoc Quang Chau, Hung Dung Do, Van Quyet Nguyen, Nguyen Tuan Anh; Nguyen Tien Linh. Pelatih: Park Hang-seo.

Indonesia (5-4-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachrudin Ariyanto, Jordi Amat, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Marc Klok; Saddil Ramdhani, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman; Ilija Spasojevic. Pelatih: Shin Tae-yong.

Skor Head to Head (H2H) Vietnam vs Indonesia

Hasil 5 Pertemuan Terakhir Indonesia vs Vietnam

06/01/2023: Indonesia vs Vietnam 0-0

15/12/2021: Indonesia vs Vietnam 0-0

07/06/2021: Vietnam vs Indonesia 4-0

15/10/2019: Indonesia vs Vietnam 1-3

07/12/2016: Vietnam vs Indonesia 2-2

Hasil 5 Pertandingan Terakhir Vietnam

06/01/2023: Indonesia vs Vietnam 0-0

03/01/2023: Vietnam vs Myanmar 3-0

30/12/2022: Singapura vs Vietnam 0-0

27/12/2022: Vietnam vs Malaysia 3-0

21/12/2022: Laos vs Vietnam 0-6

Hasil 5 Pertandingan Terakhir Indonesia

06/01/2023: Indonesia vs Vietnam 0-0

02/01/2023: Filipina vs Indonesia 1-2

29/12/2022: Indonesia vs Thailand 1-1

26/12/2022: Brunei vs Indonesia 0-7

23/12/2022: Indonesia vs Kamboja 2-1

Live Streaming Vietnam vs Indonesia Semifinal Leg 2 AFF 2022

Link Live Streaming Piala AFF iNews

Link Live Streaming Piala AFF 2022 RCTI

No More Posts Available.

No more pages to load.