Sekali Lagi, Gunung Es Terbesar di Dunia Pecah, Dipantau Badan Antariksa Eropa ESA

0
48
Iceberg Terbesar Dunia Pecah
Iceberg Terbesar Dunia Pecah

Surabayainside.com – Satelit ESA badan antariksa nasional Eropa telah mendeteksi keberadaan balok es besar yang telah pecah. Gunung es memisahkan diri dari tepi beku Antartika dan melayang ke Laut Weddell, menjadi gunung es terapung terbesar di dunia.

Para ilmuwan telah menunjuk gunung es A-76 yang baru saja pecah. Dalam foto yang diposting di situs ESA, satelit Copernicus Sentinel-1 menggambarkan kondisi gunung tersebut. Lapisan es ini sangat besar ukurannya dan berbentuk oval.

Dilansir dari CBC News, Jumat (21/5/2021), luas permukaan A-76 adalah 4.320 kilometer persegi dan berukuran panjang 175 kilometer dengan lebar 25 kilometer. Ini seukuran pulau kecil. Sebagai ilustrasi, perhatikan foto A-76 di samping Prince Edward Island berikut.

Gunung Es Terbesar di Dunia Pecah
Gunung Es Terbesar di Dunia Pecah

A-76, yang terlepas dari Lapisan Es Ronne Antartika, sekarang menjadi gunung es terbesar di dunia, melampaui A-23A yang sekarang berukuran sekitar 3.380 kilometer persegi dan masih mengambang di Laut Weddell.

Awal tahun ini, para ilmuwan melaporkan bahwa gunung es Antartika besar lainnya yang mengancam pulau berpenduduk penguin di ujung selatan Amerika Selatan telah kehilangan sebagian besar massanya dan pecah.

Survei Antartika Inggris mengamati A-76 untuk pertama kalinya, dan Pusat Es Nasional AS di Maryland mengonfirmasinya menggunakan citra dari Copernicus Sentinel-1, konstelasi dua satelit yang mengorbit kutub.

Gunung es Ronne, yang terletak di dekat pangkalan Semenanjung Antartika, adalah salah satu dari beberapa lapisan es terapung besar yang menghubungkan daratan benua dan mencapai laut sekitarnya.

“Penciptaan bongkahan es besar ini adalah proses normal. Para ilmuwan menegaskan bahwa kehancuran A-76 yang akan datang menjadi dua atau tiga bagian tidak terkait dengan perubahan iklim” kata Ted Scambos, ahli glasiologi di Universitas Colorado di Boulder.

Scambos menegaskan bahwa Ronne dan lapisan es besar lainnya, Ross, telah berperilaku seperti yang diperkirakan selama seabad terakhir ini.

Untungnya, karena es masih mengapung di air saat terlepas dari pantai, pecahan tersebut tidak berkontribusi pada naiknya permukaan laut. Namun, beberapa gunung es di pantai Antartika, lebih jauh dari Kutub Selatan, telah hancur dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir. Ilmuwan mengatakan fenomena ini terkait dengan pemanasan global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here