Sekali Lagi, Gunung Es Terbesar di Dunia Pecah, Dipantau Badan Antariksa Eropa ESA

oleh
Iceberg Terbesar Dunia Pecah
Iceberg Terbesar Dunia Pecah

Surabayainside.com – Satelit ESA badan antariksa nasional Eropa telah mendeteksi keberadaan balok es besar yang telah pecah. Gunung es memisahkan diri dari tepi beku Antartika dan melayang ke Laut Weddell, menjadi gunung es terapung terbesar di dunia.


Para ilmuwan telah menunjuk gunung es A-76 yang baru saja pecah. Dalam foto yang diposting di situs ESA, satelit Copernicus Sentinel-1 menggambarkan kondisi gunung tersebut. Lapisan es ini sangat besar ukurannya dan berbentuk oval.

Dilansir dari CBC News, Jumat (21/5/2021), luas permukaan A-76 adalah 4.320 kilometer persegi dan berukuran panjang 175 kilometer dengan lebar 25 kilometer. Ini seukuran pulau kecil. Sebagai ilustrasi, perhatikan foto A-76 di samping Prince Edward Island berikut.

Gunung Es Terbesar di Dunia Pecah
Gunung Es Terbesar di Dunia Pecah

A-76, yang terlepas dari Lapisan Es Ronne Antartika, sekarang menjadi gunung es terbesar di dunia, melampaui A-23A yang sekarang berukuran sekitar 3.380 kilometer persegi dan masih mengambang di Laut Weddell.

Awal tahun ini, para ilmuwan melaporkan bahwa gunung es Antartika besar lainnya yang mengancam pulau berpenduduk penguin di ujung selatan Amerika Selatan telah kehilangan sebagian besar massanya dan pecah.