Skincare dengan Retinol Kencangkan Kulit yang Kendur? Ini Penjelasan dari Dokter Kulit

oleh

SURABAYAINSIDE.com – Kulit kendur menjadi salah satu gejala penuaan, yang disebabkan oleh hilangnya serat kolagen akibat usia yang bertambah dan pajanan sinar matahari yang berkepanjangan.


Menurut dokter kulit, Dr Crystal Dinopol dilansir dari laman She Finds, hal ini terjadi ketika tingkat kerusakan serat kolagen melebihi tingkat produksi serat kolagen yang baru.

“Epidermis juga memiliki tingkat pergantian sel kulit mati yang lebih lambat, yang menyebabkan kulit tampak kusam dan tidak merata,” lanjutnya.

Menurut Dinopol, kulit kendur dan masalah penuaan lainnya dapat dikurangi dengan produk skincare yang mengandung retinol. “Retinol dapat meningkatkan kulit kendur dengan meningkatkan sifat regenerasi kulit,” jelasnya.

“Ini menebalkan epidermis, mengisi kerutan-kerutan halus, memperbaiki warna kulit yang tidak merata, dan meningkatkan laju produksi kolagen di bawahnya, sehingga memberikan kulit yang secara keseluruhan akan tampak lebih muda dan glowing,” katanya.

Berapa Banyak Retinol Dapat Memperbaiki Kulit Kendur

Retinol ternyata dapat melakukan lebih banyak hal untuk kulit kendur daripada yang mungkin kita pikirkan.

Dr Elaine F. Kung, dokter kulit berbasis di New York City dan pendiri Future Bright Dermatology, menyatakan bahwa retinol adalah salah satu produk terbaik untuk perawatan anti-penuaan di rumah.

“Ini mempromosikan pergantian sel kulit yang membantu mencerahkan kulit,” katanya.

Retinol telah terbukti secara ilmiah dan klinis menebalkan epidermis, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta meningkatkan produksi kolagen I maupun III, elastin, dan glikosaminoglikan (komponen penting dari matriks ekstraseluler yang mendukung kolagen dan elastin).

Meskipun retinol hanya dapat menembus lapisan dermis yang lebih dangkal, Dinopol menyebutkan bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai.

Sebuah studi yang dilakukan pada orang berusia 80 tahun masih menunjukkan efek positif retinol terhadap kulit.

Oleh karena itu, meskipun semakin dini kita mulai menggunakannya, lebih baik untuk mencegah kulit kendur dan penuaan, penggunaan retinol di usia manapun masih bermanfaat.

Keterbatasan Retinol

Walaupun retinol dapat membantu mengubah kulit yang kusam menjadi cerah, ingatlah bahwa tidak ada produk skincare yang dapat menyebabkan keajaiban. Retinol hanya dapat membantu menyembuhkan tanda-tanda penuaan kulit sampai batas tertentu.

Jelasnya, kulit kendur pada tubuh juga disebabkan oleh hilangnya struktur pendukung kulit seperti pengecilan otot dan kerusakan tulang.

Perawatan kulit dengan menggunakan perangkat energi berbasis teknologi dapat meningkatkan produksi kolagen untuk menambah volume kulit dan meningkatkan tonus otot.

Beberapa perangkat yang menggunakan stimulasi elektromagnetik terfokus pada frekuensi radio dan intensitas tinggi untuk mengencangkan kulit kendur dan otot.

Selain itu, frekuensi radio juga bisa digunakan untuk membentuk kontur wajah dan tubuh, mengencangkan kulit, dan mengurangi kekenduran dan kerutan.

Oleh karena itu, orang yang berolahraga secara teratur juga memiliki kulit yang lebih kencang dan muda karena mereka melatih otot-ototnya, serta menerapkan kebiasaan hidup yang lebih sehat.

Kebiasaan hidup sehat sangat penting bagi mereka yang ingin mengurangi efek penuaan. Orang-orang yang berolahraga secara teratur cenderung lebih muda, bukan hanya karena mereka memiliki bentuk tubuh yang lebih baik, tetapi juga karena mereka melatih otot-ototnya, yang membuat kulit lebih kencang.

Bagi mereka yang mampu melakukan perawatan kulit di dokter, bisa mencapai hasil yang luar biasa dalam kualitas kulit, yang tidak bisa dilakukan oleh skincare.

Selain perawatan kulit, mengelola stres, tidur cukup, makan sehat, dan menerapkan kebiasaan hidup yang lebih sehat juga dapat membantu mengatasi bahkan mencegah efek penuaan.