TERNYATA! 5 Nama Kabupaten dan Kota di Jawa Barat dari Singkatan, Garut dan Ciamis Termasuk

oleh

SURABAYAINSIDE.com – Jawa Barat merupakan salah satu Provinsi di pulau Jawa. Di Jawa Barat terdapat banyak sekali Kabupaten dan Kota yang kaya akan budayanya.


Namun, tahukah Anda bahwa beberapa di antaranya berasal dari singkatan? Salah satunya adalah Kabupaten Cianjur.

Berdasarkan berbagai sumber, berikut ini adalah 5 Kabupaten atau Kota di Jawa Barat yang berasal dari singkatan:

Tasikmalaya

Dapat dikatakan bahwa Tasikmalaya berasal dari gabungan dua kata, yaitu “keusik” dan “ngalayah”, yang masing-masing memiliki arti “pasir” dan “bertebaran”.

Ciamis

Seperti Tasikmalaya yang berasal dari dua kata,  Ciamis juga berasal dari gabungan dua kata, yaitu Cai yang berarti air dan Amis yang berarti manis.

Garut

Sejak masa pemerintahan Belanda, Kabupaten Garut dikenal dengan sebutan Gagarut yang berasal dari kata Kakarut dalam bahasa Sunda yang berarti “tergores”.

Akhirnya, Bupati Adipati Adiwijaya memberikan nama Garut, yang berarti “goresan”, sebagai singkatan dari Gagarut.

Sukabumi

Kabupaten Sukabumi pernah disebut dengan julukan “Soeka Boemi” saat masa pemerintahan Belanda karena ia merupakan wilayah yang sangat sejuk.

Cianjur

Kabupaten Cianjur di Provinsi Jawa Barat bernama berdasarkan singkatan dari kata Ci yang berarti air dan Anjur yang berarti anjuran.

Ini semua dimulai dari cerita Pak Kikir yang mati tenggelam akibat kikirnya, dan lebih memilih untuk melindungi hartanya ketika bencana datang.