Ternyata! Warna Hitam Putih Panda Miliki Fungsi Ini, Hasil Studi di China

oleh

SURABAYAINSIDE.com – Memiliki tampilan sebagai hewan yang imut, corak dan warna bulu panda ternyata memiliki fungsinya tersendiri.


Yong-gang Nei dan FuWen Wei dari Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, mengungkap alasan di balik warna hitam putih pada bulu panda yang unik seperti yang dikutip dari The Conversation Kamis (15/12/2022).

Hewan Panda

Panda adalah hewan omnivora berukuran besar yang berasal dari China. Jenis hewan ini dikenal dengan bulu berwarna abu-abu gelap di sekitar mata dan di bagian belakang, serta area tubuh lainnya yang berwarna putih. Panda biasanya ditemukan di hutan lebat di dataran tinggi China, di mana mereka makan daun, biji, dan beberapa makanan hewan.

Panda atau Giant Panda (Ailuropoda melanoleuca) adalah hewan mamalia berukuran besar yang tergolong keluarga Ursidae. Mereka terutama hidup di hutan pegunungan Sichuan, Shaanxi, dan Gansu di Tiongkok. Panda biasanya makan pepohonan dan tanaman bambu.

Mereka dikenal karena warna bulu mereka yang hitam dan putih. Panda memiliki status yang terancam punah di alam liar dan adalah salah satu spesies yang dilindungi Tiongkok.

Warna Hitam Putih Melindungi Diri

Ketika teknik analisis gambar canggih digunakan untuk menganalisa foto panda yang diambil dari jarak jauh, hasilnya menunjukkan bahwa panda memiliki corak dan warna tertentu untuk melindungi diri.

Bulu hitamnya berbaur dengan warna gelap dan batang pohon, sementara warna putihnya cocok dengan dedaunan cerah dan salju.

Bercak coklat pucat yang ada di bulu hewan tersebut menyerupai warna tanah. Penelitian juga menunjukkan bahwa pewarnaan hitam putih di bulu panda membuat sosok hewan tersebut lebih sulit dikenali di lingkungannya.

Panda Berkamuflase

Untuk menguji seberapa baik hewan berkamuflase di lingkungan alam liar, para peneliti menggunakan teknik pemetaan warna baru.

Hasil analisis komparatif menegaskan bahwa panda raksasa berada di antara kelompok spesies lain yang berhasil berkamuflase dengan sangat baik.

Oleh karena itu, kita bisa mengerti mengapa panda begitu mencolok bagi manusia di kebun binatang dan tempat penangkaran lainnya: kita melihatnya dari dekat dan dikelilingi oleh latar belakang buatan, bukan alam liar dan kejauhan.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa panda berkamuflase dengan indah, menggunakan dua mekanisme yang berbeda untuk menghindari deteksi oleh pemangsa.

Corak Hitam dan Putih pada Tubuh Panda

Menurut Live Science, Tim Caro, Profesor Departemen Biologi Satwa Liar, Ikan dan Konservasi di University of California, Davis, menyatakan bahwa bagian putih pada wajah, perut, leher dan pantat panda dapat membantu hewan tersebut untuk bersembunyi dari bayangan sendiri.

Warna hitam di sekitar matanya juga dapat mengurangi silau. Caro menyebutkan bahwa pola makan panda yang berbasis bambu adalah faktor utama dari warna hitam dan putihnya.

Mereka tidak memiliki bakteri di usus yang dapat mencerna tanaman keras dengan efisien. Sebuah studi tahun 2015 di jurnal mBio mengemukakan bahwa panda memiliki bakteri usus yang sama dengan nenek moyang beruang karnivora.