Tips Membuat CV-mu Untuk Lebih Menarik Agar Dilirik Oleh HRD

oleh
Tips Membuat CV-mu Untuk Lebih Menarik Agar Dilirik Oleh HRD
Tips Membuat CV-mu Untuk Lebih Menarik Agar Dilirik Oleh HRD

SURABAYAINSIDE.com – Tidak hanya untuk memperkenalkan diri, kesan awal dari CV yang Anda kirimkan kepada calon pemberi kerja sangat penting dalam menentukan apakah Anda adalah pelamar yang memenuhi syarat yang akan diproses lebih lanjut. Itu sebabnya membuat CV tidak bisa sembarangan atau kasus “copy paste”. Selain itu, untuk memaksimalkan dampak CV Anda selama pencarian kerja, Anda dapat mengikuti tips berikut:


  1. Selidiki Keterampilan Anda dan Cocokkan dengan Posisi

Saran pertama untuk meningkatkan CV Anda adalah untuk meneliti keterampilan Anda dan menyesuaikannya dengan pekerjaan yang Anda cari. Setiap lulusan baru bebas memilih jenis pekerjaan dan bisnis yang ingin dia lamar. Sebaliknya, jika Anda sudah memiliki pengetahuan dan kompetensi di bidang tertentu, ini hampir pasti akan meningkatkan minat HRD pada Anda.

Jika Anda memiliki berbagai bakat atau kemampuan, Anda dapat membuat beberapa CV untuk masing-masing. Yakinkan diri Anda bahwa Anda tidak terlalu malas untuk menyelidiki kemampuan Anda dan memasukkannya ke dalam CV Anda, oke?

2. Tidak ada alasan untuk berhati-hati.

Cara terbaik untuk meningkatkan CV Anda berikutnya adalah dengan mengomunikasikan fakta secara ringkas dan ringkas. Anda dapat memasukkan informasi tentang sekolah Anda, jalur profesional, pengalaman organisasi, pendidikan non-formal yang pernah Anda ikuti, dan keahlian dalam CV Anda dengan cara yang jelas, terperinci, dan relevan dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar. Hindari mendiskusikan kemampuan yang dimiliki hampir semua orang (misalnya Ms. Word).

Daripada menulis paragraf panjang tentang pengalaman Anda, lebih baik meringkasnya dalam bentuk daftar periksa.

3. Tidak Perlu Menyebutkan Prestasi/Keterampilan yang Berlebihan

Poin kedua yang perlu diingat ketika memperindah CV Anda adalah Anda tidak perlu menyertakan pencapaian/keterampilan yang tidak relevan. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, Anda harus memiliki beberapa CV untuk mencegah memberikan informasi yang berlebihan dan tidak perlu tentang kemampuan Anda. Jika Anda memasukkan terlalu banyak talenta, Anda akan membingungkan HRD dan perekrut dan mengalihkan perhatian mereka dari keterampilan utama Anda. Saat Anda mengikuti sesi wawancara, Anda mungkin masih mengomunikasikan sisi lain dari bakat dan pencapaian Anda.

4. Hindari jeda waktu yang berlebihan

Tips mempercantik CV yang tak kalah penting, terutama hindari menulis gap karir yang terlalu panjang. Hal ini dapat menimbulkan kebingungan di antara perekrut dan manajer sumber daya manusia tentang jeda waktu yang tersedia. Daripada itu, Anda harus menjelaskan mengapa ada kesenjangan dalam karier Anda. Anda dapat menjelaskan mengapa ada jeda waktu yang lama dengan menyatakan bahwa Anda sakit, memiliki anggota keluarga yang sudah meninggal, adalah seorang pengusaha, pekerja lepas, atau sedang berurusan dengan masalah keluarga. HRD akan mengerti dan tidak akan curiga jika Anda memberikan alasan yang detail.

5. Desain Curriculum Vitae

Tips mempercantik tampilan CV masa depan Anda, yaitu dengan membuatnya semenarik mungkin. Meskipun tidak semua orang bekerja di sektor kreatif, tidak ada salahnya untuk membuat CV Anda semenarik mungkin. Untuk inspirasi desain CV, kunjungi Canva, Novoresume, Easel.ly, Kick Resume, Cuuved, dan Designhack. Untuk menggunakan desain CV dari banyak situs web ini, cukup unduh template yang sesuai dengan kategori pekerjaan.

6. Jujur

Tips paling penting untuk mempercantik CV Anda adalah menulisnya dengan jujur. Saat Anda membuat CV, pastikan Anda tidak memasukkan informasi yang salah atau melebih-lebihkan fakta atau pengalaman Anda. Hal ini tentunya akan kembali menghantui Anda begitu Anda mengikuti proses wawancara. Perekrut akan segera menemukan bahwa Anda tidak jujur ​​dan akan menempatkan Anda dalam daftar hitam.

7. Masukkan Titik Penjualan Unik Anda

Seiring dengan enam saran untuk mempercantik CV Anda yang disebutkan sebelumnya, cara lain untuk meningkatkan CV Anda adalah dengan memasukkan nilai jual unik Anda. Fitur penjualan unik adalah karakteristik atau kemampuan yang membedakan Anda dari kandidat lain. Misalnya, Anda berbicara hingga empat bahasa asing atau memiliki pengalaman bekerja di posisi yang sebanding di luar negeri.

8. Periksa kembali

Langkah pertama dalam mempercantik CV Anda adalah dengan memeriksa ulang semua data pribadi, deskripsi keterampilan, perjalanan karir, dan data pribadi yang tercantum dengan benar dalam riwayat pekerjaan Anda. Lakukan ini dua sampai tiga kali. Hindari kesalahan tata bahasa dan ejaan. Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, buat CV Anda semakin elegan dengan desain menarik yang tidak sombong.

9. Perhatikan surat lamaran.

Untuk memulai, saran untuk memperbaiki CV akhir termasuk memperhatikan surat lamaran yang akan Anda kirimkan. Sementara resume Anda sangat penting dalam proses pemilihan pekerjaan, surat lamaran juga demikian. Saat menyusun surat pengantar, sangat penting untuk menggunakan kata-kata yang tepat. Ini karena sisi profesional Anda akan tercermin dalam hal ini. Pastikan Anda memberikan semua informasi yang diperlukan. Jelaskan apa riwayat Anda dan mengapa Anda melamar posisi tersebut.