Wanita asal Gresik ini Terima Dana dari National Geographic Demi Pelestarian Burung




Karena kecintaanya kepada burung, Dewi Sasmita seorang warga Desa Sembungan Kidul, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, menerima dana hibah dari National Geographic (NatGeo) Society untuk menggelar acara Solo Delta Expedition di kawasan mangrove Ujungpangkah, Kabupaten Gresik.

Lulusan Biologi Universitas Airlangga Surabaya itu menceritakan, butuh proses panjang untuk bisa mendapatakan dana hibah dari NatGeo. Ia mengaku sejak masih duduk dibangku kuliah sudah aktif melakukan penelitian tentang berbagai macam jenis burung yang ada di kawasan mangrove Ujungpangkah.

Seusai lulus kuliah ia kemudian kerap menjadi sukarelawan untuk program konservasi keanekaragaman hayati bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur.

- Advertisement tr -

“Suatu saat saya mendapat informasi tentang dana hibah konservasi dari teman sesama komunitas pelestari keanekaragaman hayati. Lalu awal 2020 saya mencoba mengajukan permohonan (apply) ke NatGeo dangan tujuan mengangkat potensi keanekaragaman hayati Gresik,” kata Mita, sapaan akrab Dewi Sasmita, Senin (2/8/2021).

Menurutnya, meski Gresik dikenal sebagai kota industri, namun Gresik memiliki potensi keanekaragaman hayati yang harus dilestarikan. Namun ia menilai keanekearagaman hayati dan upaya pelestariannya masih kurang dikenal oleh masyarakat luas.

“Atas dasar itu saya berinisiatif membuat program Solo Delta Expedition, yakni upaya untuk membangun kesadaran akan pentingnya keanekaragaman hayati dan upaya pelestariannya di Kabupaten Gresik,” ujarnya.




TERKINI

PILIHAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here