Bertemu Dubes RI untuk Saudi, Menaker Ida Fauziyah Bahas Penempatan & Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Bertemu Dubes RI untuk Saudi, Menaker Ida Fauziyah Bahas Penempatan & Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Kemnaker--

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memulai kunjungan kerjanya di Arab Saudi dengan bertemu Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad, di Riyadh pada Jumat (29/3/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Menaker mengangkat isu-isu yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, terutama terkait penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia di Arab Saudi.



Menaker memberikan apresiasi kepada KBRI Arab Saudi atas kerja sama yang telah dibangun di bidang ketenagakerjaan.

Ia meyakini bahwa penempatan Pekerja Migran Indonesia di Arab Saudi melalui proyek percontohan Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK) dapat berjalan dengan lancar.

"KBRI memiliki peran yang sangat penting dalam proses penempatan ini karena merupakan titik awal dari permintaan pekerjaan dari pemberi kerja di Arab Saudi," ungkap Menaker.



×

Namun, saat ini penempatan melalui SPSK sedang menjalani masa evaluasi sejak 14 Januari 2024, sehingga sementara waktu penempatan dihentikan.

Dalam konteks ini, Menaker meminta bantuan KBRI untuk membantu dalam proses evaluasi dengan mendistribusikan kuesioner kepada Pekerja Migran Indonesia, perusahaan penyalur tenaga kerja, dan pengguna akhir.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya